Pantangan Makanan Penyakit Tipes

Pantangan Makanan Penyakit Tipes >> Saat terserang penyakit tipes haruslah waspada pada pantangan makanan tipes karena dapat memperburuk penyakit tipes!

Pantangan Makanan Penyakit Tipes

Pantangan Makanan Penyakit Tipes, Tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus)

Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Menurut Sumber dari Dr. Yan William, Demam tifoid atau tipes disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii yang ditularkan melalui makanan atau minuman yang tercemar oleh bakteri tersebut. Oleh sebab itu hal utama yang diperlukan adalah menjaga kebersihan dengan cara :

  • Mencuci bersih buah atau sayuran mentah
  • Makan makanan yang dimasak secara matang
  • Sebaiknya makan makanan dirumah namun bila harus makan diluar sebaiknya pilih tempat makan yang kebersihannya terjamin
  • Mencuci tangan setiap sebelum dan setelah makan

Sebenarnya tidak ada pembatasan khusus makanan tertentu. Pada penderita tipes disertai gejala utama yaitu demam, mual serta tidak nyaman pada perut. Bisa Menghindari makanan seperti :

  • Hindari makanan pedas,
  • Asam,
  • Berlemak tinggi,
  • Kol dll.

Uuntuk mencegah perut yang semakin tidak nyaman. Yang dianjurkan adalah:

  1. Makanan bergizi tinggi seperti buah dan sayuran
  2. Banyak minum air putih
  3. Makan sedikit-sedikit tapi sering daripada makan sekaligus banyak

Sumber: http://obattipes.gov7.net

Nah itu dia informasi tentang pantangan makanan penyakit tipes yang perlu Anda ketahui, agar penyakit tipes tidak semakin parah sehingga memicu penyakit lainnya.

Reposted by: Obat Asam Lambung >> Obat Asam Lambung Untuk Ibu Hamil 

Adminidkes10