Ciri Sesak Nafas Akibat Penyakit Jantung

Ciri Sesak Nafas Akibat Penyakit Jantung, Sesak nafas merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung.
Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).

Ciri Sesak Nafas Akibat Penyakit Jantung

Ciri Sesak Nafas Akibat Penyakit Jantung

Pada stadium awal dari gagal jantung, penderita merasakan sesak nafas hanya selama melakukan aktivitas fisik. Sejalan dengan memburuknya penyakit, sesak akan terjadi ketika penderita melakukan aktivitas yang ringan, bahkan ketika penderita sedang beristirahat (tidak melakukan aktivitas), biasanya itulah Ciri Sesak Nafas Akibat Penyakit Jantung.

Sebagian besar penderita merasakan sesak nafas ketika sedang berada dalam posisi berbaring karena cairan mengalir ke jaringan paru-paru. Jika duduk, gaya gravitasi menyebabkan cairan terkumpul di dasar paru-paru dan sesak akan berkurang.

Ciri Sesak Nafas Akibat Penyakit Jantung lainnya adalah merasakan sesak nafas pada malam hari (nokturnal dispneu) adalah sesak yang terjadi pada saat penderita berbaring di malam hari dan akan hilang jika penderita duduk tegak. Sesak nafas tidak hanya terjadi pada penyakit jantung; penderita penyakit paru-paru, penyakit otot-otot pernafasan atau penyakit sistem saraf yang berperan dalam proses pernafasan juga bisa mengalami sesak nafas.

Setiap penyakit yang mengganggu keseimbangan antara persediaan dan permintaan oksigen bisa menyebabkan sesak nafas (misalnya gangguan fungsi pengangkutan oksigen oleh darah pada anemia atau meningkatnya
metabolisme tubuh pada hipertiroidisme)

Pada penderita serangan jantung, sesak nafas diringi dengan rasa sakit pada dada. Rasa sakit ini berupa dada terasa berat dan tertekan atau seperti ada yang menindih. Rasa nyeri dan kencang pada serangan jantung juga dapat menyebar di perut bagian atas, bahu, punggung, tenggorokan, lengan, hingga rahang, mirip seperti sakit dada pada dispepsia, baca juga obat sakit pinggang tradisional.

Ciri Sesak Nafas Akibat Penyakit Jantung  juga seringkali terjadi munculnya keringat secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena jantung berupaya memompa darah dengan tenaga ekstra, karena pembuluh darah yang tersumbat. Umumnya yang terjadi adalah keringat dingin atau kulit terasa lembap.

Sesak nafas akan semakin intens ketika semakin mengarah pada gagal jantung. Kondisi di mana jantung tidak lagi mampu memompa darah untuk tubuh, sehingga cairan masuk ke dalam paru-paru. Perlu digarisbawahi, kondisi ini sangat mengancam jiwa. Untuk itu segera cek dan lakukan pengobatan agar kondisinya tidak berdampak lebih buruk.

Baca Artikel Lainnya : Obat Asam Lambung Untuk Ibu Hamil

 

Adminidkes10