Bahaya Makan Sambil Tiduran

Bahaya Makan Sambil Tiduran, Nonton sambil ngemil dan tiduran memang membuat nyaman, tapi dibalik kenyamanan itu ada bahaya yang mengintai!.Bahaya Makan Sambil Tiduran

Bahaya Makan Sambil Tiduran

Bagi Anda yang hobi makan sambil menonton televisi, posisi tiduran mungkin akan terasa lebih nyaman. Namun hati-hati, dokter menyebutkan bahwa kebiasaan makan sambil tiduran tidak dianjurkan.

Bahaya Makan Sambil Tiduran Seperti disampaikan oleh DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB, antara kerongkongan sampai lambung terdapat sebuah klep, yang fungsinya dipengaruhi oleh gravitasi. Ketika seseorang makan sambil tiduran, gaya gravitasi ini bisa mengakibatkan makanannya balik arah dan refluks.

Asam lambung naik dan menyebabkan perlukaan di kerongkongan, berlanjut ke paru-paru dan juga organ THT (telinga, hidung, tenggorokan -red),” tutur dokter konsultan saluran cerna di RS Cipto Mangunkusumo.

Selain itu, makan sambil tiduran juga bisa memicu tersedak. Bukan asal tersedak, jika fatal risikonya bahkan bisa mengganggu fungsi paru-paru dan sampai meninggal.

“Makanan yang seharusnya masuk ke kerongkongan dan ke lambung, ini justru masuk ke paru-paru,” imbuhnya.

Kondisi ini disebutkan oleh dr Ari bisa sangat parah, terlebih jika orang tersebut diketahui sebelumnya memiliki riwayat dalam refleks menelan, seperti misalnya stroke.

Bagaimana proses tersedak bisa terjadi? Dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari RS Puri Indah Jakarta, dr Agus Subagio, SpTHT beberapa waktu lalu pernah menjelaskan, tersedak lumrah terjadi karena tenggorokan memiliki dua saluran, yaitu saluran pernapasan dan saluran untuk makan, yang dipisahkan oleh sebuah katup bernama epiglotis.

Normalnya, lanjut dr Agus, di saat menelan, saluran napas akan tertutup oleh katup epiglotis tadi sehingga makanan atau minuman yang masuk langsung menuju ke saluran makan. Saat tersedak, makanan yang seharusnya masuk ke saluran makan justru masuk ke saluran napas.

Oleh sebab itu, dr Ari sangat menganjurkan Anda untuk tidak makan terburu-buru dan makan sambil tiduran. Kedua hal ini sama-sama bisa memicu risiko tersedak dan berbahaya bagi kesehatan. Selagi tubuh masih sehat, biasakan untuk makan sambil duduk dan tidak sambil tiduran. “Bahkan pasien di rumah sakit pun dianjurkan untuk makan sambil setengah duduk kan, karena risikonya cukup fatal,” pesan dr Ari.

Nah untuk itu jangan biasakan ngemil sambil tiduran agar kenyamanan anda tidak harus dibayar mahal dengan penyakit yang akan menyerang!.

Baca Juga:

Adminidkes10